Minggu, 14 Mei 2017

Mahasiswa dan Kondisi Perguruan Tinggi


 Oleh:Rusdhy Gallarang
(PPS UNM)
Dunia Mahasiswa adalah dunia yang indah yang menjadikan kampus sebagai wadah untuk belajar. Kampus sebagai wadah untuk mendidik dan mencerdaskan mahasiswa untuk meraih mimpi-mimpinya. Orang tua Mahasiswa yang berasal dari pelosot Desa, menitipkan anak-anak mereka di perguruan tinggi untuk dididik, dicerdaskan, dan diberikan kebebasan berpikir bukan untuk ditekan secara psikologi. Hanya beruba deretan angka-angka yang diperoleh dari ukuran kerapian dan kehadiran yang secara kausalitas akan berpengaruh pada hasil akhirnya,

Jika proses bermasalah juga sudah pasti di ending juga keliru. Maka terimalah amanah ini sebagai seorang pendidik untuk mencapai tujuan pendidikan “memanusiakan manusia menjadi manusia seutuhnya” seperti yang tercantum dalam UUD 1945. Para seniornya berkata: “hari ini kamu adalah mahasiswa besok kamu adalah pemimpin. kamu adalah anak zaman, maka ukirlah zamanmu dengan sebaik-baik ukiran”, karena setiap manusia punya sejarah, setiap sejarah punya pradaban dan jangan pernah mencoba untuk melampaui sejarah.    

Seribu satu cita-cita menggelantung dipikiran mahasiswa untuk menjadi generasi penerus dan penentu masa depan bangsa. Namun kondisi pendidikan yang mayoritas didalamnya hanya proses pencerdasan, akhirnya di ending banyak manusia cerdas yang bermasalah karena tidak terdidik. Proses seperti itu merupakan batu ganjalan besar untuk mencapai cita-citanya. Sehingga tidak salah jika proses pendidikan di dunia kampus selalu menjadi perhatian dan perdebatan di setiap zaman. Mereka mengkritik secara radikal dan menawarkan solusi bisa bermakna: Mereka minta dididik dan dicerdaskan untuk menjadi manusia seutuhnya dan dibukakan pintu yang baik melalui proses pencerahan untuk mereka dan generasi  yang akan datang. 

Memang hanya yang bersih yang berani mendeskriptifkan Kondisi perguruan tinggi yang tercemar bisa jadi tidak berani. Mereka yang tercemar memungkinkan hobi mengkritik suara dan tulisan agar suara dan tulisan mereka bisa kembali redup dan hilang.


BAGIKAN

Like dan Ikuti Fans Page:

0 komentar: