Senin, 07 Agustus 2017

DIberi 24 Milyar Kembalikan Kejayaan Rempah, Sulsel Anggap Masih Kurang



Makassar, IDekspress - Pemerintah RI ingin mengembalikan kejayaan rempah Indonesia. Atas dasar itu, Sulsel mendapat suntikan data sebesar 24 Milyar dari total Rp. 5,5 Triliun untuk benih gratis. 
"Program ini menyasar daerah yang berpotensi mengembangkan rempah-rempah khas daerah masing-masing," ungkap Kepala Dinas Perkebunan Sulsel, Firdaus Hasan, Minggu (6/8/2017). 
Sulsel khas rempahnya berupa lada dan cengkeh mendapat kucuran APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) sebesar Rp. 24 Milyar dari Rp. 300 Milyar Sulawesi secara menyeluruh. 

Menurut Firdaus, anggaran tersebut, masih kecil untuk permulaan membeli bibit dan keperluan lainnya. Berharap tahun 2018 anggaran dapat lebih. .
"Di Sulsel ada beberapa daerah yang memiliki potensi seperti Luwu Timur dana Luwu Utara untuk lada, Enrekang dengan potensi kopinya. Namun harus ada regulasi yang mengatur terkait akan seperti apa pembenihan ini," tambahnya.
Luas lahan untuk tanaman Lada, kata dia, bisa mencapai 20.000 hektare. Hingga saat ini masih tersedia sekitar 17 ribuan hektar. Akan tetapi, Firdaus yakin bisa mencapai target. Terlebih saat ini harga rempah sedang bagus.

Terkait petani, Firdaus mengungkapkan hal tersebut juga menjadi perhatian pemerintah. Dimulai dengan melihat tingkat antusias petani, kemudian memilih petani yang unggul dan tidak asal-asalan, sehingga hasilnya dapat memuaskan.
"Kami belajar dari pengalaman. Seperti yang terjadi pada kakao. Petaninya harus benar-benar bagus sehingga hasilnya juga bagus," tutupnya.
Sebelumnya, Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman menyatakan saat ini pemerintah kembali fokus mengembalikan kejayaan rempah-rempah Indonesia. Bahkan, Presiden RI, Joko Widodo telah menyiapkan anggaran Rp5,5 Triliun dari APBN untuk benih gratis.


(Iwan - IDekspress)

BAGIKAN

Like dan Ikuti Fans Page:

0 komentar: