Sabtu, 26 Agustus 2017

Komunikasi ke Sekda Selesaikan Kasus Puskesmas Kassi Kajang. LPPM Sul-Sel Paparkan Hasilnya


Lensapos.com - Lembaga Pengawasan dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Sul-Sel tampaknya tidak akan main-main terhadap Kasus Puskesmas Kassi-Kassi Kajang, Kabupaten Bulukumba. (25/82017).

"Kejadian ini menyentuh hati kami karena tidak adanya rasa perikemanusiaan dari Pihak Puskesmas terkait kasus ini" Tegas dalam  pesan singkat (25/8/2017).

Hal itu terlihat dari gerakan Sekjen LPPM Sul-Sel, Akbar yang berkomunikasi dengan Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bulukumba untuk menindak lanjuti kasus ini yang tega menelantarkan Jenazah hingga ditandu dengan sebatang bambu dan sarung.

LPPM Sul-Sel juga mempertanyakan aturan bahwa "ambulans bisa digunakan atau tidak dalam mengantar jenazah pulang kerumah duka karena sangat memilukan yang dilakukan oleh Puskesmas Kassi-Kassi Kajang."

Hal ini dijawab oleh Sekda Kabupaten Bulukumba, Andi Bau Amal yang membenarkan bahwa terdapat aturan bahwa ambulans hanya untuk orang sakit, namun ketika terdapat pasien yang meninggal di Puskesmas harusnya bisa mengambil kebijakan.
[next]
"Pegiat bidang kesehatan memaknai ambulance itu untuk orang sakit yang akan di rujuk dan dituangkan dalam aturan. tapi kalau ada pasien yang meninggal di puskesmas, kepala puskesmas bisa mengambil kebijakan, apalagi kalau rumah duka tidak jauh dari PKMnya." 

Selanjutnya Sekda mengatakan, "Itulah sebenarnya Kepala Puskesmas Jangan Kaku dalam menyikapi aturan. Apalagi bidang kesehatan inti dari tugasnya adalah kemanusian. dan saat meninggal harus berhenti disitu pelayanannya dik Akbar".

Kejelasan terkait penyelesaian Kasus ini, juga telah dipertanyakan oleh LPPM Sul-Sel kepada Sekertaris Daerah dan mengusulkan untuk membuat kebijaksanaan agar kadis kesehatan tidak menggantinya.
[next]
"Saya sudah telpon kadis kesehatan agar menyampaikan masalah ini ke puskesmas agar bijak dalam menghadapi masalah seperti ini dan juga akan sampaikan kadis untuk membuat minimal surat edaran." Ungkap chatnya LPPM Sulsel Bersama Sekda via Whatsapp, Sabtu, (25/8/2017).  



(Ksatriawan) 



BAGIKAN

Like dan Ikuti Fans Page:

0 komentar: