Kamis, 09 November 2017

8 Ciri Orang yang Sok Pintar dan Cara Menghadapinya


Lensapos.com - Suka mengkritik sesorang, tidak mengakui ketidaktahuan, berbicara dengan bahasa yang rumit. Merupakan ciri orang yang sok pintar, bisa jadi orang yang anggap pintar ternyata orang yang bodoh dan orang yang Anda anggap bodoh ternyata orang yang pintar.

Saat berteman dengan orang lain, pasti Anda punya tipe teman yang sok tahu, sok pintar, sok hebat, padahal nyatanya orang itu tidak begitu tahu, pintar, bahkan hebat.

Mereka hanya manusia ciptaan tuhan yang memiliki kapasitas otak terbatas yang tidak sempurna. Namun mereka yang sok pintar itu berusaha menyembunyikan kebodohannya tersebut dengan cara menjadi sok pintar, bukannya menjadi orang yang pintar sungguhan.

Pasti kesal punya teman seperti ini, entah itu di lingkungan sosial ataupun di dunia maya, mungkin kalian pernah dikritik oleh orang-orang sok pintar ini. Namun apa yang dia kritik itu ternyata tidak bermutu, dan mereka hanya mencari perhatian saja agar banyak yang mengatakan dia 'pintar' dan dipuji.

Bisa saja orang yang Anda anggap pintar ternyata orang yang sebenarnya tidak begitu pintar atau tidak tau apa-apa, atau orang yang Anda anggap bodoh sebenarnya dia lebih pintar dari yang Anda kira

1. Banyak bicara hanya untuk mendapat sebuah pujian

Orang yang sok pintar ini banyak bicara, bahkan untuk hal-hal tidak penting. Namun tujuan orang ini bukanlah untuk menginformasikan seseorang atau memberitahu seseorang, namun tujuannya untuk mendapatkan pujian dari orang lain. Bahwa dia adalah orang yang pintar, keren, hebat, tahu segalanya.

2. Sering meremehkan orang (terlebih orang yang disekitarnya)

Apa yang orang itu lakukan selalu dia remehkan, dia tidak menyukainya. Bahkan dia selalu mengkritik orang tersebut karena tidak suka dengan apa yang orang itu lakukan agar orang tersebut 'jatuh'. Setelah itu, orang yang sok tahu ini merasa menang karena telah berusaha menjatuhkan seseoarng yang dia remehkan.

Namun orang yang sok tahu ini akan kesal ketika orang yang berusaha dia jatuhkan itu tidak pantang menyerah dan terus melakukan hal tersebut karena merasa hal tersebut adalah hal yang baik dan hanya orang sok pintar ini yang menggangap apa yang orang itu lakukan buruk. Intinya ketika ada orang yang meremehkan Anda, tidak perlu dipedulikan, terus saja melangkah jika kamu yakin langkah yang kamu lakukan itu benar.

3. Terlihat sok sibuk

Mereka yang 'sok tahu' berusaha agar orang mengetahui bahwa dia sedang sibuk. Agar tidak dilihat orang dia itu tidak ada kerjaan dan terlihat sedang mempelajari sesuatu. Padahal kenyataannya tidak begitu, mereka hanya menggangur dan melakukan hal yang tidak berguna.

4. Tidak ingin mendengar perkataan orang (tidak ingin terlihat bodoh)

Orang yang sok pintar merasa rendah, jika ada orang yang berusaha memberi informasi atau mengurui dia. Bahkan dia akan berusaha mengalihkan pembicaraan tersebut agar mereka tidak terlihat seperti orang bodoh yang sedang diberi informasi yang menurutnya informasi itu telah dia kuasai, padahal nyatanya dia tidak menguasainya.

5. Tidak ingin mengakui bahwa dia tidak tahu

Namanya saja orang sok tahu atau sok pintar. Ya pasti mereka tidak ingin terlihat bodoh dimata orang lain, dan dia tidak ingin mengakui bahwa dirinya tidak tahu terhadap suatu hal.

Sebaliknya jika orang ini pintar, maka dia tidak keberatan jika diberi informasi, karena dari informasi tersebut yang dapat membawa dia kepada kepintaran yang sesungguhnya.

6. Tidak memiliki pendirian dan sering meniru orang lain

Ketika orang yang sok pintar ini menemukan perkataan orang yang dia anggap keren, maka dia biasanya meniru perkataan tersebut. Namun parahnya, dia mengakui bahwa perkataan tersebut adalah asli dari dirinya, padahal itu adalah perkataan orang lain yang pernah dia temui.

Bahasa mudahnya, orang ini mengaku memiliki karya yang sebenarnya karya ini bukanlah hasil dari dirinya. Atau orang yang sok pintar biasanya meniru sesuatu tanpa mengakui bahwa dia sedang meniru.

7. Berbicara dengan bahasa rumit agar terlihat pintar

Orang yang sok pintar, berbicara dengan bahasa yang rumit dan berbelit-belit padahal materi yang dia sampaikan itu tidak begitu rumit, tujuan mereka berbicara seperti ini agar orang yang mendengar melihat bahwa orang tersebut pintar dan benar.

Padahal orang yang pintar sesungguhnya dia akan berusaha berbicara dengan bahasa yang mudah dimengerti padahal materi yang dibawakan itu rumit, tujuan mereka bicara seperti itu agar orang yang mendengar mudah mencerna penjelasan tersebut.

8. Suka mengkritik karya orang, dengan tujuan menjatuhkan

Orang yang sok pintar ini suka sekali mengkritik dan mencari kesalahan pada karya orang, tujuan mereka mengkritik ini bukanlah untuk membuat karya tersebut menjadi sempurna, melainkan ingin menjatuhkan pembuat karya dan ingin melukai hati si pembuat karya.

Kritik memang penting, namun jika tujuan orang mengkriitk untuk menjatuhkan pihak lain, itu salah. Kritik ditujukan untuk membuat sesuatu menjadi lebih baik, dan seharusnya orang yang dikritik menerima kritikan seperti ini.

Dari cara mengkritik untuk tujuan menjatuhkan pasti hanya berkomentar jeleknya saja, namun cara mengkritik yang baik pasti akan berusaha memberikan solusinya.

Ada orang yang sok pintar di hadapaan Anda, namun bingung harus bagaimana Anda bertindak? berikut jawabannya.

Abaikan mereka yang sok pintar

Tidak perlu memperdulikan sesuatu yang tidak penting, karena itu hanya membuang-buang waktumu saja, daripada memperdulikan mereka yang malah membuat mereka semakin sok pintar. Lebih baik Anda diamkan dan hindari mereka.

Jangan memberi pujian berlebih

Jika Anda memberi pujian berlebih kepada orang yang sok pintar, mereka malah semakin menjadi, karena tujuan mereka menjadi sok pintar, karena ingin mendapat pujian. Berikan saja pujian kecil agar mereka tidak terlalu overproud (terlalu bangga). Pujian kecil ini bertujuan agar orang yang sok pintar merasa puas dengan apa yang dia bicarakan.

Jadilah orang yang pintar sesungguhnya

Perdalamlah ilmu pengetahuan Anda, karena pada saat Anda menghadapi orang yang sok tahu. Anda pasti menang dalam perdebatan, karena Anda lebih tahu dari mereka. Walaupun mereka melakukan banyak cara agar apa yang dia sampaikan itu benar, namun tetap saja yang menang adalah orang yang benar.

Menegur dengan perlahan

Orang yang sok pintar tidak akan menerima teguran, maka dari itu Anda harus menegurnya baik-baik agar mereka dapat menerimanya. Contoh menegur yang tidak disarankan: Karya macam apa ini? plagiat dari orang aja bangga.

Contoh menegur yang baik: Karyamu sudah bagus, namun coba deh jangan mengikuti karya orang, karena siapa tau bisa lebih bagus. Tapi emang keren loh karyamu itu, terlebih lagi kalo kamu memiliki ciri khas tersendiri.

Memang setelah ditegur kadang ada yang marah, atau masih saja tidak menerima teguran tersebut. Namun jika hal ini dilakukan terus-menerus dengan perlahan, mungkin orang yang tidak begitu overdosis dengan penyakit sok pintarnya ini bisa berubah menjadi lebih baik lagi.

Berpura-pura mengerti saja

Mungkin Anda bingung juga, mau menegur tapi dia takut marah, mau mengabaikan malah lebih marah lagi, karena dia merasa tidak dihargai. Salah satu caranya yaitu Anda bisa berpura-pura mengerti dengan apa yang orang sok pintar ini sampaikan. Sehingga misi orang sok pintar merasa sudah berhasil, dan perdebatan akan selesai.
 

BAGIKAN

Like dan Ikuti Fans Page:

0 komentar: