Jumat, 10 November 2017

PETANI ADALAH PAHLAWAN

Hasdar Onotz

Lendapos.com - Lahir sebelum Indonesia, namun lapuk dan terpuruk oleh "Indonesia".  Tanahnya dirampas. Malahan masih saja mengurusi perut Indonesia. Pantaskah Petani disebut Pahlawan?. Simak tulisan dibawah ini 

Opini - Petani adalah seseorang yang bergerak dibidang pertanian, utamanya dengan cara melakukan pengelolaan tanah dengan tujuan untuk menumbuhkan dan memelihara tanaman seperti padi, bunga, buah dan lain lain. Dengan harapan, setiap orang bisa menjaga keberlangsungan hidupnya atau mengolah sendiri tanah miliknya atau bisa bekerjasama buruh tani disekililingnya.

Jika mengingat, diukur dari umur usia negeri ini, tidak ada apa-apanya dari usia petani. Sebelum negeri bernama Indonesia berdiri, eksistensi petani sudah jauh diakui.

Pertanian memang menjadi landasan dari seluruh peradaban. Namun demikian, ternyata pertanian itu berasosiasi dengan kemiskinan petaniannya, kecuali untuk petani yang berada di negara-negara maju. Rata-rata petani di negara maju bisa lebih makmur daripada penduduk non-petani pada umumnya. Hal sebaliknya terjadi pada petani di negara berkembang, termasuk di Indonesia. Kalau demikian adanya, apa makna kemerdekaan bagi petani?

Di satu pihak, petani dan pertanian telah memerdekakan sebagian besar penduduk negara melalui penyediaan pangannya, atas dasar fakta bahwa orang yang paling tidak merdeka adalah orang yang kelaparan. Juga, bangsa yang tidak merdeka adalah bangsa yang kelaparan. Dapat dibayangkan bagaimana rasanya apabila untuk menyambung hidup saja kita harus bergantung pada bantuan pihak lain.

Kondisi kelaparan ini lebih parah daripada kemiskinan, walaupun kemiskinan itu sudah tak boleh ditoleransi. Pertanian sebagai pekerjaan budaya yang telah memerdekakan kita semua yang bekerja bukan sebagai petani karena kerja keras dan ketulusan para petani, kita tidak kelaparan.

Sekarang, apa dukungan kita kepada petani dan pertanian? 

Yang hari ini ruang atau lahan bertani itu kemudian direbut, dan rampas, hanya untuk kepentingan kapital dan borjuis. Tentunya adalah mari bersama, bersatu padu untuk pemerintahan agar mereka sadar bahwa lahan/ruang bagi petani itu wajib bagi mereka sebab petanilah yang menghidupkan orang-orang dan negaranya dan tentunya stop peramapasan tanah bagi kaum tani. 


BAGIKAN

Like dan Ikuti Fans Page:

0 komentar: