Senin, 13 November 2017

Setya Novanto Tersangka, Pengamat: Golkar Harus Tegas


Lensapos.com - Airlangga Pribadi Kusman menilai penetapan status tersangka terhadap Ketua Umum Golkar Setya Novanto merupakan momentum politik yang tepat terkait upaya memberantas korupsi.

Penepatan status tersangka Ketua Umum Golkar Setya Novanto yang dilakukan KPK, dipuji oleh pengamat politik dari Universita Airlangga, Airlangga Pribadi Kusman. Menurutnya, KPK memiliki keberanian dalam menetapkan tersangka Setya Novanto. Ia menilai bahwa masalah yang menjerat Novanto bukan hanya masalah bagi Golkar tapi juga menyangkut citra pemerintahan Joko-Widodo yang diketahui berkoalisi dengan pemerintah. 

"Secara kelembagaan, Golkar sudah matang. Untuk itu, agar citranya tidak tercoreng lebih dalam dan tidak berpengaruh terhadap kesiapan menghadapi Pilkada serentak 2018 dan Pileg serta Pilpres 2019, Golkar tersebut harus mengambil sikap tegas terkait status hukum Setya Novanto," kata Airlangga, Minggu (12/11).

Dia menambahkan, jika Golkar tak berkomitmen mendukung agenda pemerintah memberantas korupsi, publik berpeluang menilai pemerintahan Jokowi-JK dikelilingi aliansi politik tanpa kredibilitas.

Selain itu, Airlangga Pribadi Kusuma juga menambahkan bahwa pilihan KPK sudah tepat, dan untuk menjaga citra pemerintah dan koalisi secara keseluruhan untuk menunjukkan sebagai kekuatan politik bersih. 

"Dibutuhkan sikap tegas para pengurus dan anggota Partai Golkar menyikapi penetapan status tersangka ketua umumnya untuk kedua kali. Sebagai bagian dari koalisi pemerintah, ada tanggung jawab dari Golkar menjaga citra pemerintah dan koalisi secara keseluruhan untuk menunjukkan sebagai kekuatan politik bersih," ujar Airlangga. 

(Ri/Lensapos.com) 


BAGIKAN

Like dan Ikuti Fans Page:

0 komentar: