banner here

Usai Sandang Marga Siregar, Putri Presiden Punya Nama Baru

advertise here

Lensapos.com - Putri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) Kahiyang Ayu resmi menyandang marga Siregar, Selasa (21/11) tepat pukul 11.15 WIB. 

Peresmian menyandang warga Siregar itu ditandai dengan pemukulan gondang sebanyak tiga kali dan lemparan beras kuning. Maka kini nama Kahiyang resmi menjadi Kahiyang Ayu Boru Siregar dengan pemberian sertifikat.

Latifah Hanum, kakak sepupu Doli Sinomba Siregar mengatakan, selanjutnya  para raja dan marga, akan melakukan upacara upah-upah terhadap Kahiyang dengan kepala kerbau,  nasi dan daging kerbau, keris atau sahat mara. Upa-upa itu sendiri semacam syukuran atau selamatan pada adat Batak.

Latifah menjelaskan, kerbau adalah upah-upah paling tinggi. “Kepala kerbau ini simbol kemakmuran,” ujar Latifah yang berstatus atau Pisang Raut (Anak Boru dari Anak Boru) adat keluarga, Selasa (21/11).

Selanjutnya, Kahiyang diberikan keris yang dibalut kain kuning. Keris itu bermakna agar menjadi perisai bagi Kahiyang.  "Ini diberikan setelah setelah resmi jadi boru Siregar," ujarnya.

"Nanti Kahiyang akan diberikan abit Batak (ulos)  lalu prosesi manortor para raja.  Dan sebelum pulang Kahiyang akan ikut manortor atau menari dengan Bobby, lalu  baru dibawa pulang," timpal Latifah.

Sebelum pemberian marga, dilakukan sidang adat terlebih dahulu oleh yang dihadiri oleh pihak keluarga marga Nasution, Siregar dan Raja Adat. Dimana pihak keluarga ayah Bobby yang bermarga Nasution meminta kepada pihak keluarga ibunda Bobby yang bermarga Siregar untuk memberika. Marga Siregar kepada Kahiyang.* 

(Ri/Lensapos.com)