Memanas! Donald Trump Siap Tabu Perang dengan Korut?

oleh

Lensapos.com – Tidak hanya memboikot lebih dari 50 perdagangan Korea Utara (Korut) lewat jalur laut, rupanya Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump punya sanksi lagi untuk Korut.

Berbicara pada sebuah konferensi pers dengan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull, Trump membuat semakin jelas mengenai pilihan militer yang telah berulang kali dikatakan olehnya mengenai Korut.

“Jika sanksinya tidak berhasil, kita bisa masuk fase kedua. Tahap dua bisa jadi hal yang sangat kasar, mungkin sangat, sangat disayangkan bagi dunia. Tapi semoga sanksi pertama akan berhasil,” ujarnya seperti dilansir Reuters, Sabtu, (24/2).

BACA JUGA:   Semakin Panas ! Kim Jong-un Sebut Trump "si Tua Bangka Gila"

Pernyataan Trump ini mengindikasikan ia akan melakukan tindakan militer ke Korut. Meskipun Korut sudah berupaya melakukan upaya damai dengan Korea Selatan melalui Olimpiade Musim Dingin.

Target sanksi AS untuk Korut tersebut termasuk bagi pemegang paspor Taiwan, serta perusahaan pelayaran dan energi di Tiongkok, Hong Kong, Taiwan, dan Singapura.

BACA JUGA:   Ternyata Warga AS Bantu Danai Nuklir Korut? Lihat Buktinya

Tindakan mencekal aset yang dimiliki oleh perusahaan dan individu di AS dan melarang warga AS untuk kembali berdagang dengan mereka.

Departemen Keuangan AS mengatakan, sanksi tersebut dirancang untuk mengganggu perusahaan pengiriman dan perdagangan Korut dan kapal-kapal dan selanjutnya mengisolasi Pyongyang.

BACA JUGA:   JLaw Tersungkir, Sekarang Emma Stone Kini Di Atas

Sanksi juga ditujukan untuk kapal-kapal yang berada, terdaftar atau ditandai di Korut, Tiongkok, Singapura, Taiwan, Hong Kong, Kepulauan Marshall, Tanzania, Panama, dan Komoro.

Pada Januari, tiga sumber intelijen Eropa Barat mengatakan kepada Reuters, Korut mengirimkan batubara ke Rusia tahun lalu dan kemudian dikirim ke Korsel dan Jepang. Hal itu merupakan bentuk pelanggaran terhadap sanksi PBB.(*) 

(Ri/Lensapos/JPC)