Apa Itu Anagen Effluvium dan Bagaimana Gejalanya?

Apa itu Anagen Effluvium?

Anagen effluvium mengacu pada kerontokan rambut yang muncul selama tahap anagen atau pertumbuhan dari siklus rambut.

Ini berbeda dengan telogen effluvium atau rambut rontok yang muncul selama tahap telogen atau istirahat dari siklus rambut.

Anagen effluvium disebabkan oleh cedera akut pada folikel rambut oleh penyebab endogen atau eksogen, yang mengakibatkan rambut rusak secara struktural tersebar secara tiba-tiba. Alopecia difus (rambut rontok) dapat terjadi selama beberapa hari. Alopecia tidak memiliki jaringan parut.

img source : medcom.id

Siapa yang mendapat anagen effluvium?

Anagen effluvium paling sering terjadi pada pasien dari segala usia, jenis kelamin atau ras yang menerima kemoterapi.

Orang dengan kondisi autoimun seperti alopecia areata dan pemfigus vulgaris dapat terpengaruh.

Apa penyebab anagen effluvium?

Penghinaan apa pun yang merusak mitosis keratinosit folikel rambut dapat menyebabkan anagen effluvium. Gangguan pembelahan sel pada matriks rambut membuat rambut menyempit pada dasarnya dan rentan terhadap kerusakan tepat di atas zona keratinisasi. Matriks nekrotik membentuk sumbat yang terdiri dari melanin, keratin dan selubung akar bagian dalam yang diekstrusi melalui lubang folikel. Proses ini dikenal sebagai trikomalasia.

Penyebab utama anagen effluvium adalah infeksi, obat, toksin, radiasi atau penyakit autoimun.

Infeksi dapat mengganggu pertumbuhan rambut di area lokal yang mengakibatkan satu bagian botak atau beberapa bagian botak. Rambut rontok dapat dengan mudah dicabut dari area yang terinfeksi, yang mungkin bengkak, basah, dan berkerak.

Racun yang dapat mengganggu pertumbuhan rambut antara lain:

Agen kemoterapi, biasanya diresepkan untuk mengobati kanker, terutama bila banyak obat digunakan atau dalam dosis tinggi. Rambut rontok yang parah dilaporkan dari doksorubisin, nitrosourea, dan siklofosfamid. Penyebab lainnya adalah bleomisin, daktinomisin, daunorubisin, fluorourasil sistemik, dan metotreksat dosis tinggi.

  • Obat-obatan lain seperti colchicine dan ciclosporin (ciclosporin lebih sering menyebabkan peningkatan pertumbuhan rambut)
  • Racun seperti talium, arsenik, emas dan bismut.
  • Alopecia berkembang dalam 2 sampai 4 minggu setelah kemoterapi. Ini mempengaruhi sebagian besar kulit kepala, tetapi situs lain mungkin terpengaruh, seperti alis, ketiak dan area genital.

Apa saja gambaran klinis dari anagen effluvium?

Anagen effluvium muncul dengan rontoknya sebagian besar atau seluruh rambut di kulit kepala secara tiba-tiba, dan seringkali dari seluruh tubuh termasuk alis, bulu mata, dan rambut tubuh. Ini dapat membuat kulit kepala sebagian atau seluruhnya botak segera setelah kejadian traumatis dengan hingga 90% rambut rontok selama beberapa minggu.

Ciri-ciri lain tergantung pada penyebab kerontokan rambut.

Bagaimana cara mendiagnosis anagen effluvium?

Diagnosis efluvium anagen biasanya dibuat dengan mengambil sejarah yang cermat, terutama dari obat-obatan baru-baru ini, dan dengan memeriksa kulit kepala dan rambut yang rontok secara klinis dan dengan dermoskopi / trikoskopi.

Pada anagen effluvium, ujung rambut yang berasal dari kulit kepala meruncing, menyempit, tidak beraturan, atau putus. Rambut anagen memiliki akar panjang yang dilapisi dengan selubung akar bagian dalam dan luar serta berpigmen. Sebaliknya, rambut telogen adalah bola atau pentungan bundar. Bukaan folikel tetap pada kedua kondisi tersebut.

Trikogram (pencabutan rambut secara paksa dalam satu unit area untuk menentukan rasio rambut anagen dan telogen) akan menunjukkan sebagian besar rambut anagen distrofik.

Biopsi kulit kepala harus menunjukkan rasio anagen-ke-telogen normal dari setiap rambut yang ada di efluvium anagen akibat kemoterapi.

Tes lain mungkin diatur untuk menyingkirkan penyebab lain dari rambut rontok, termasuk kekurangan zat besi, penyakit tiroid, lupus sistemik dan infeksi (misalnya, sifilis).

Apa pengobatan untuk anagen effluvium?

Efluvium anagen akibat kemoterapi diharapkan pulih sepenuhnya dalam waktu 3-6 bulan setelah dihentikan. Rambut hampir selalu tumbuh kembali secara normal, tetapi terkadang pasien dengan rambut lurus mengembangkan rambut keriting saat tumbuh kembali. Warna rambut juga bisa berubah.

Perawatan yang disarankan untuk anagen effluvium meliputi:

  • Larutan minoksidil topikal
  • Pendinginan kulit kepala selama kemoterapi
  • Kamuflase kosmetik untuk alis.

Apa hasil dari anagen effluvium?

Effluvium anagen bersifat reversibel. Folikel rambut melanjutkan aktivitas normal setelah zat beracun ditarik. Pertumbuhan kembali sempurna terjadi setelah 3-6 bulan setelah kemoterapi dalam banyak kasus. Terkadang rambut tumbuh kembali meski telah diteruskan kemoterapi.

Efluvium anagen karena alopecia areata dapat menetap; pemulihan tidak dapat diprediksi.


Posting Komentar

0 Komentar