Bahaya Aspirin Untuk Ibu Hamil

Umumnya, aspirin tidak dianjurkan selama kehamilan kecuali Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Penggunaan aspirin dosis rendah 60 hingga 100 miligram (mg) setiap hari tidak terbukti berbahaya selama kehamilan dan terkadang dianjurkan untuk wanita hamil dengan keguguran berulang, gangguan pembekuan, dan preeklamsia.



Namun, penggunaan aspirin dengan dosis yang lebih tinggi menimbulkan berbagai risiko tergantung pada tahap kehamilan. Selama trimester pertama, penggunaan aspirin dengan dosis yang lebih tinggi menimbulkan kekhawatiran pada keguguran dan cacat bawaan. Mengonsumsi aspirin dengan dosis tinggi selama trimester ketiga meningkatkan risiko penutupan prematur pembuluh darah di jantung janin. Penggunaan aspirin dalam dosis tinggi untuk jangka waktu lama dalam kehamilan juga meningkatkan risiko perdarahan otak pada bayi prematur. Jika Anda perlu minum aspirin selama trimester ketiga kehamilan, penyedia layanan kesehatan kemungkinan akan memantau Anda dan bayi Anda dengan cermat.

Kekhawatirannya adalah bahwa penggunaan aspirin dapat menyebabkan masalah ginjal yang jarang tetapi serius pada bayi yang belum lahir. Ini dapat menyebabkan rendahnya tingkat cairan ketuban di sekitar bayi dan kemungkinan komplikasi.

Aspirin dosis rendah yang dijual bebas adalah 81 mg (sebelumnya disebut aspirin bayi). Jika Anda mengonsumsi aspirin dosis rendah selama kehamilan karena suatu kondisi medis, teruskan melakukannya seperti yang diarahkan oleh penyedia layanan kesehatan Anda. Jika Anda perlu menggunakan pereda nyeri selama kehamilan, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang pilihannya. Dia mungkin menyarankan penggunaan sesekali acetaminophen (Tylenol, orang lain) sebagai pengganti aspirin.

Mengapa aspirin diberikan selama kehamilan?

Beberapa wanita hamil berisiko mengalami pre-eklamsia (kondisi serius yang biasanya muncul sebagai tekanan darah tinggi dan protein dalam urin) dan hambatan pertumbuhan intrauterine (ketika bayi lebih kecil dari biasanya karena tidak tumbuh pada tingkat yang normal di rahim). Ada bukti yang menunjukkan bahwa kelompok wanita ini berisiko lebih rendah terkena kondisi ini jika mereka mengonsumsi aspirin dosis rendah selama kehamilan.

Mengapa saya membutuhkan aspirin selama kehamilan saya?

Jika Anda memiliki salah satu dari faktor risiko berikut, Anda akan diberikan aspirin selama kehamilan:

(Bidan / dokter Anda akan menunjukkan faktor risiko mana yang berlaku untuk Anda)

  • Penyakit hipertensi selama kehamilan Anda sebelumnya
  • Penyakit ginjal kronis
  • Penyakit autoimun seperti lupus eritematosis sistemik atau sindrom antifosfolipid
  • Diabetes tipe 1 atau tipe 2
  • Hipertensi kronis
  • Tes darah skrining Protein Plasma Terkait Kehamilan Rendah (PAPP-A)
  • Pembatasan pertumbuhan intrauterine sebelumnya ( IUGR) (baik berat lahir <2.5kg atau <10 centile)
  • Sebelumnya stillbirth
  • Preeklamsia / eklamsia sebelumnya

Jika Anda memiliki 2 faktor risiko berikut, Anda akan diberikan aspirin selama kehamilan:

(Bidan / dokter Anda akan menunjukkan faktor risiko mana yang berlaku untuk Anda)

  • Kehamilan pertama
  • Interval kehamilan lebih dari 10 tahun
  • Riwayat keluarga pre-eklamsia
  • Kehamilan IVF
  • Berusia 40 tahun atau lebih
  • Kehamilan ganda
  • Indeks Massa Tubuh (BMI) 35Kg / m2 atau lebih pada kontak pertama

Berapa banyak aspirin yang harus saya minum?

Anda akan diberi resep 150mg aspirin untuk diminum sekali sehari (meskipun sejumlah kecil wanita mungkin diresepkan dengan dosis yang lebih besar). Anda harus meminumnya segera setelah Anda menerima resep (karena ini terkait dengan hasil yang lebih baik) sampai kelahiran bayi Anda.

Bagaimana saya akan menerima resepnya?

Sebagian besar faktor risiko akan diidentifikasi oleh bidan Anda pada janji pemesanan pertama Anda. Bidan akan mengirim surat ke dokter Anda untuk meminta resep yang dapat Anda ambil dari bagian operasi dokter Anda.

Beberapa faktor risiko dapat diidentifikasi di kemudian hari dalam kehamilan Anda, misalnya setelah pemindaian ultrasonografi. Jika demikian, bidan atau dokter Anda akan memberi tahu Anda pada saat itu dan akan memberi tahu dokter Anda dengan cara yang sama.

 Adakah kontraindikasi untuk mengonsumsi aspirin?

Ada beberapa kondisi medis langka dimana aspirin tidak akan direkomendasikan. Dokter Anda akan memberi tahu Anda jika ini berlaku untuk Anda.

Posting Komentar

0 Komentar