Manfaat Lemon pada Jerawat dan Kulit

Lemon dapat memberikan manfaat luar biasa untuk perawatan kecantikan Anda. Lemon mengandung asam alfa hidroksi, yang bekerja secara ajaib pada kulit Anda. Mereka juga memiliki sifat antibakteri alami, menjadikan lemon untuk pengobatan jerawat sangat efektif.

Pekerja ajaib kecil berwarna kuning ini adalah sumber vitamin C, magnesium, dan kalium yang melimpah. Mineral dan antioksidan ini meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit, kuku, dan rambut Anda.



Apa Manfaat Lemon untuk Kulit?

Menghilangkan Jerawat dan Komedo

Buah jeruk memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang membuat lemon menjadi pengobatan alternatif untuk jerawat yang luar biasa secara komersial. Ini sesederhana mengiris lemon dan menggosokkannya ke area yang terkena di wajah Anda. Untuk mengatasi komedo, Anda bisa menambahkan beberapa tetes madu di atas setengah lemon dan mengoleskannya ke area yang terkena komedo. Biarkan larutan selama lima hingga sepuluh menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

Cerahkan Bintik dan Noda Gelap

Noda wajah sangat memalukan dan bisa sangat membandel. Untungnya, asam sitrat dalam jus lemon dapat secara bertahap memudarkan noda dan meratakan warna kulit Anda. Hindari penggunaan lemon di luka terbuka atau goresan di wajah Anda karena bisa menimbulkan luka yang berbahaya!

Memutihkan Gigi

Biaya pemutihan gigi profesional bisa sangat mahal. Anda dapat menghemat banyak uang, tanpa perlu ke dokter gigi, dengan membuat campuran jus lemon buatan sendiri. Campur soda kue dan jus lemon hingga larutan berbuih terbentuk. Gunakan Q-tip untuk mengoleskan campuran ke gigi Anda. Biarkan larutan selama satu menit — tidak lebih lama atau asam sitrat dalam jus lemon dapat merusak enamel gigi. Gosok perlahan campuran tersebut dengan sikat gigi dan lihat senyum Anda akan terlihat semakin cerah.

Mencegah Kulit Berminyak

Kulit berminyak adalah masalah kecantikan yang sangat umum dan sangat mengganggu. Ada banyak metode yang telah dicoba — banyak yang tidak berhasil — untuk menurunkan kilau di dahi, hidung, dan dagu. Meski kedengarannya gila, bahkan obat pencahar pun disebut-sebut sebagai cara mengurangi minyak kulit. Jangan khawatir, Anda tidak perlu pergi sejauh itu! Mengusap kapas yang dicelupkan ke dalam jus lemon adalah cara yang mudah dan efektif untuk mengeringkan minyak berlebih. Coba lakukan prosedur ini sebelum tidur. Cuci muka saat bangun di pagi hari. Teknik ini akan membantu mencegah kulit berminyak secara berlebihan.

Mencerahkan Warna Rambut

Pewarnaan rambut profesional bisa sangat mahal. Anda dapat membayar mulai dari Rp. 700 ribu hingga lebih dari Rp. 2 juta untuk sorotan atau warna menyeluruh. Menata rambut Anda dengan salah satu kotak kit semi permanen dari apotek itu lebih murah, tetapi Anda tidak pernah tahu hasil apa yang mungkin Anda dapatkan. Cara hemat biaya untuk mencerahkan rambut di rumah adalah dengan menggunakan lemon. Campurkan jus lemon dan kondisioner rambut, lalu sisir campuran tersebut ke rambut Anda. Pastikan untuk melapisi setiap helai dan tarik campuran hingga ke ujung rambut. Kemudian, pergi keluar dengan membawa buku bagus atau minuman dingin dan duduk di bawah sinar matahari selama beberapa jam. Setelah selesai, cuci rambut Anda dengan seksama. Anda dapat mengulangi proses ini setidaknya sekali seminggu. Dalam waktu singkat, Anda akan melihat bahwa warna rambut Anda terlihat lebih terang.

Perkuat Kuku

Anda bisa membeli cat kuku yang berbeda di apotek atau toko kecantikan, tetapi Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun dan jus lemon untuk mendapatkan hasil yang sama secara alami. Larutan ini akan membantu memperkuat kuku yang lemah dan rapuh serta menghilangkan kekuningan.

Menenangkan Kulit Kepala Kering dan Mengurangi Ketombe

Masker rambut, terutama variasi DIY, menjadi sangat populer di seluruh dunia kecantikan. Masker ini bisa dibuat dengan bahan-bahan yang mungkin sudah Anda miliki di dapur. Minyak kelapa, minyak zaitun, dan madu mentah yang dicampur dengan jus lemon dapat dipijat ke kepala Anda untuk menyembuhkan kulit kepala yang kering dan mengurangi ketombe. Tidak ada yang menyukai serpihan putih di bahu mereka! Anda benar-benar memiliki obatnya di dapur Anda.

Menenangkan Bibir Pecah-pecah

Anda tahu rasa sakit yang datang dengan bibir kering dan pecah-pecah. Belum lagi rasa malu karena kulit mati yang mengelupas dari bibir Anda. Exfoliant semalam untuk bibir pecah-pecah dapat dibuat hanya dari irisan lemon. Gosokkan buah di bibir Anda, lalu bersihkan keesokan paginya. Jus lemon menghilangkan sel kulit mati, membuat bibir Anda sangat lembut. Menerapkan lipstik juga akan jauh lebih mudah, karena akan meluncur di bibir Anda dengan lebih mulus.

Bersihkan Wajah dan Tubuh Anda

Sabun mandi mungkin mengandung ramuan menakutkan dari bahan kimia dan aditif yang tidak diketahui. Jika Anda tidak yakin dengan apa yang ada di dalam pembersih wajah atau tubuh Anda, Anda dapat beralih ke pembersih buatan sendiri. Jus lemon, yogurt, dan minyak esensial — seperti lavender — menjadi pembersih alami yang harum. Pijatkan pembersih buatan sendiri ke wajah dan tubuh Anda untuk menghilangkan kotoran dan bakteri. Pembersih juga akan melembabkan kulit Anda.

Pemutih Siku dan Lutut

Jika siku dan lutut Anda tampak sedikit lebih gelap daripada bagian kulit Anda yang lain, cukup gosok dengan setengah buah lemon. Hampir seperti sulap, area yang lebih gelap akan mulai menjadi lebih cerah dan lebih cocok dengan warna kulit Anda.

Buat Tisu Pembersih

Campurkan beberapa tetes jus lemon dengan minyak pohon teh dalam enam ons air suling. Larutan ini dapat digunakan sebagai toner, atau ditempatkan di atas kapas dan digunakan sebagai tisu pembersih untuk kulit bermasalah.

Obati Sariawan

Sariawan adalah masalah kulit menakutkan yang tidak sedap dipandang dan menyakitkan. Beberapa tetes minyak esensial lemon pada sariawan Anda akan membantu mempercepat waktu penyembuhan.

Perbaiki Tan Palsu yang Buruk

Lemon kaya akan vitamin C dan asam sitrat, yang keduanya membantu mencerahkan dan mencerahkan kulit Anda dari waktu ke waktu. Vitamin C, antioksidan, menetralkan radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen. Ini dapat membantu meringankan bintik-bintik penuaan atau bahkan memperbaiki warna kecokelatan palsu yang serba salah. Ingatlah untuk memakai SPF saat menggunakan jus lemon pada kulit Anda, karena jeruk membuat Anda lebih sensitif terhadap sinar UV.

Bisakah Lemon Bermanfaat untuk Bekas Jerawat?

Mencuci dan mengelupas wajah untuk menghilangkan keringat, kotoran, dan minyak adalah salah satu cara untuk memerangi munculnya jerawat. Beberapa orang mengoleskan jus lemon ke wajah mereka dan membiarkannya semalaman sebagai bagian dari rutinitas mencuci muka setiap malam. Jika tidak ingin dibiarkan semalaman, Anda bisa mengoleskan jus lemon setelah mencuci muka di pagi hari. Pastikan wajah Anda benar-benar kering dan dilembabkan dengan benar sebelum menjalani hari.

Jus lemon juga dapat membantu mengurangi tampilan dan kemerahan pada bekas jerawat yang sudah terbentuk. Rendam Q-tip di dalam irisan lemon segar dan oleskan ke bekas jerawat Anda. Untuk perawatan ini, pastikan hanya mengoleskan jus lemon ke bekas jerawat Anda, dan bukan seluruh wajah Anda. Anda akan merasakan sedikit kesemutan pada kulit Anda, tetapi seharusnya tidak sakit. Jatur ulang Q-tip baru jika diperlukan, pastikan untuk hanya menyentuh area masalah Anda.

Cara lain menggunakan jus lemon untuk menyembuhkan bekas jerawat adalah dengan metode bungkus plastik. Setelah mengoleskan jus lemon ke wajah Anda, tutupi wajah dengan bungkus plastik. Pastikan untuk membuat lubang untuk mata, hidung, dan mulut Anda! Biarkan plastik pembungkus setidaknya selama tiga puluh menit sebelum dicuci. Jika Anda hanya merawat bekas jerawat dan bukan jerawat aktif, Anda bisa membiarkan plastiknya selama beberapa jam. Itu karena Anda hanya mencerahkan kulit, bukan mengobati jerawat yang ada.

Orang dengan kulit sensitif mungkin tidak dapat meninggalkan jus lemon di kulit mereka untuk waktu yang lama. Jika Anda tahu bahwa kulit Anda sangat sensitif atau mudah memerah, coba biarkan bungkus plastik dalam waktu yang lebih singkat (tiga puluh menit atau kurang) sampai Anda dapat menilai toleransi kulit Anda terhadap perawatan tersebut.

Dengan perawatan wajah jus lemon apa pun, selalu pastikan untuk mencuci muka secara menyeluruh dan bilas sisa jus lemon. Terapkan perawatan wajah jus lemon setiap satu hingga tiga hari selama beberapa minggu untuk hasil yang optimal.

Resep Perawatan Kulit Jus Lemon

Jus lemon, madu, dan masker minyak zaitun

  •    1 sendok makan jus lemon
  •    1 sendok makan madu
  •    1 sendok makan minyak zaitun

Resep masker ini menggabungkan kekuatan jus lemon dengan kekuatan melembabkan dari madu dan minyak zaitun. Biarkan masker selama sepuluh hingga tiga puluh menit, tergantung pada sensitivitas kulit. Cuci campuran dengan air hangat, diikuti dengan percikan air dingin untuk mengencangkan pori-pori. Selalu selesaikan perawatan dengan pelembab.

Lulur jus lemon

Buat scrub wajah dengan jus lemon dan gula atau garam laut. Gula dan garam laut adalah bahan abrasif alami yang membantu melawan jerawat. Jika dikombinasikan dengan jus lemon, bahan abrasif ini membantu kulit Anda bersinar. Campur jus lemon dan gula atau garam laut secukupnya untuk membuat pasta. Oleskan pasta ke wajah dan leher Anda, gerakkan jari dengan gerakan memutar untuk mengelupas kulit. Biarkan pasta menempel di kulit selama delapan hingga sepuluh menit dan kemudian bersihkan dengan air hangat. Akhiri dengan air dingin untuk menutup pori-pori Anda.

Jus lemon, air mawar, dan jus mentimun

Perawatan menghilangkan bekas luka jerawat ini sangat bermanfaat bagi kulit Anda. Ini membantu menghilangkan bekas jerawat dan membuat kulit Anda terasa segar dan terlihat cerah dan bercahaya. Campurkan jus lemon, air mawar, dan jus mentimun dalam proporsi yang sama dalam mangkuk kecil. Oleskan larutan ke wajah Anda, menargetkan area bekas luka jerawat. Biarkan larutan menempel di kulit Anda selama sepuluh hingga lima belas menit. Bilas wajah Anda secara menyeluruh dengan air dingin dan tepuk-tepuk hingga kering dengan handuk bersih dan lembut. Anda bisa mengulangi perawatan ini setiap hari untuk mengurangi munculnya bekas jerawat.

Jus lemon mencerahkan kulit Anda, termasuk area bekas luka, sedangkan jus mentimun menenangkan kulit. Air mawar mencegah kulit Anda mengering dan membantu Anda mendapatkan kilau yang diinginkan.

Yang Tidak Boleh Dilakukan

  • Jangan gunakan jus lemon utuh langsung di wajah Anda atau rendam seluruh wajah Anda dalam jus lemon. Terlalu banyak asam pada kulit Anda akan mengganggu produksi minyak alami dan merusak keseimbangan pH normal kulit Anda. Ketika berbicara tentang jus lemon untuk perawatan kulit, sedikit saja sudah cukup!
  • Jangan memasukkan jus lemon ke luka terbuka, luka, atau lesi. Baik itu luka jerawat terbuka atau goresan dari kucing Anda, Anda pasti ingin menghindari menggosokkan jus lemon ke luka wajah yang terbuka. Gunakan jus lemon hanya pada jerawat aktif yang belum terbuka atau muncul, atau pada bekas jerawat yang tertutup.
  • Jangan mencampurkan perawatan jus lemon dengan banyak produk perawatan kulit lainnya. Produk yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat hanya boleh digunakan pada hari-hari Anda tidak menggunakan perawatan jus lemon. Ini untuk memastikan bahwa Anda tidak menghilangkan terlalu banyak minyak alami atau merusak keseimbangan pH kulit Anda.

Ada banyak cara menggunakan lemon untuk mengatasi jerawat, flek, flek hitam, dan bekas luka. Rambut, tubuh, dan kuku Anda semuanya bisa mendapatkan manfaat dari lemon juga.

Anda dapat mencampurkan jus lemon dengan herba, seperti mint atau basil, dan bahkan madu, untuk menciptakan solusi alami yang ampuh untuk sejumlah besar masalah kecantikan. Produk komersial dengan iklan mencolok yang menjanjikan penyembuhan cepat seringkali tidak efektif. Banyak dari mereka mengandung bahan kimia dan aditif keras yang kontraproduktif dengan tujuan yang dimaksudkan. Memilih obat yang alami dan ekonomis seperti lemon adalah salah satu cara terbaik untuk mencapai tujuan kecantikan Anda.

Posting Komentar

0 Komentar